Ratusan Desa Belum Laporkan Serapan Anggaran

Ratusan Desa Belum Laporkan Serapan Anggaran

\"Dari

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Dari 148 desa yang ada di daerah tersebut, sebanyak 16 desa yang telah melaporkan serapan anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap pertama tahun 2017. Sementara sisanya atau mencapai ratusan desa belum melaporman serapan anggaran ADD dan DD tersebut.

“Lebih dari seratus desa belum menyampaikan laporan serapan anggaran yang telah di kucurkan pemerintah tersebut,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Mukomuko, Saroni SH melalui Kabid PMD, Eka Purwanto SIP MSi. Desa yang telah melaporkan serapan anggaran melalui aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yakni Desa Sidodadi, Mekar Mulya, Marga Mukti, Sendang Mulyo, Sumber Mulya, Maju Makmur, Bumi Mulya, Marga Mulya Sakti dan Bukit Makmur, Surian Bungkal, Sungai Ipuh 2, Sungai Ipuh, Lubuk Bangko, Talang Medan dan Desa Sungai Ipuh 1 dan Tanjung Medan. Penyaluran ADD dan DD tahap pertama sebesar 60 persen, Eka meyakini, sudah dilakukan 100 persen. Namun serapan yang dilakukan desa, pihaknya masih menunggu laporan data riil. Pihaknya terus menyampaikan agar desa sesegera mungkin melaporkan serapan anggaran. Meskipun sistem laporan melalui Siskeudes masih dalam tahap pembelajaran.

“Meskipun laporan melalui Siskeudes, dan aparat desa masih diberikan pembelajaran serta dibimbing. desa diharapkan segera melaporkan,” ujarnya. Pihaknya juga telah menjadwalkan untuk memberikan bimbingan dalam pembuatan laporan secara bertahap khususnya kepada kades dan bendahara desa. (900)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: